Selasa, 15 Oktober 2013

PELATIHAN JURNALISTIK

Hal sederhana untuk salurkan bakat menulis adalah ikuti pelatuhan jurnalistik. Siapapun secara langsung maupun tidak langsung suka bercerita, suka komentar, suka membaca dan suka melihat gambar-gambar indah dan mengekspresikan serta memberi penilaian atas segala sesuatu yang dilihatnya. semua itu akan menjadi berita bagus bagi orang lain bila dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.

Tidak banyak tuntutan dalam menulis, namun ada sedikit tatanan baku, diantaranya tulisan tentu ada tujuan dan bermakna bagi pembaca. Berisi cerita senang , sedih, masalah, solusi atau tantangan yang semua merupakan suatu kejadian dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan dituangkan dalam bahasa yang jelas   mudah dimengerti tanpa unsur-unsur SARA yang dapat timbulkan konflik, serta menarik untuk dibaca dan diikuti atau bahkan dibaca berulang-lang tidak membuat bosan bagi pembacanya.

Unsur-unsur dalam tulisan umumnya memuat 5 W dan 1 H ( Who, What, Why, Where, When dan How ) sehingga tulisan memiliki nilai-nilai yang bermakna dan berarti serta diminati untuk dibaca.

Pelatihan Jurnalistik dapat menggunakan metode diskusi, tanya-jawab serta latihan menulis atau praktik dan presentasi. Bila dimulai dari hal paling sederhana, maka akan membuat setiap peserta ingin mencoba dan mencoba menulis dan akhirnya akan mengarah pada sebuah kreatifitas yang menghasilkan sesuatu untuk kesejahteraan bagi sang penulis itu sendiri.

Peserta yang diberi latihan untuk melaporkan sebuah kejadian yang sedang dilihatnya serta diberi kesempatan untuk melaporkan atau mempresentasikan hasil tulisannya walau sangat pendek,  akan membangkitkan semangat dan menjadi motivasi dasar untuk menulis. Disamping itu dapat juga berupa pengamatan sebuah gambar, dan peserta diberi kesempatan untuk menilai atau memberi komentar bebas akan satu gambar, hasil penilaian dipresentasikan, akan membuat peserta pelatihan merasakan betapa menulis itu suatu hal yang mudah dan dapat dilakukan kapanpun jua.

Pelatihan Jurnalistik dapat dilakukan secara kelompok kecil, dibimbing oleh seseorang yang bisa menulis dan memiliki jiwa berbagi pengetahuan, maka secara perlahan akan meningkatkan kesejahteraan bersama. Karena menulis bukan hanya sekedar untuk bisa, melainkan dapat ciptakan lapangan pekerjaan bagi siapaun jua yang ingin menulis

Selamat menulis dan selamat menjadi penulis yang handal yang berguna bagi banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar