Minggu, 03 Februari 2013

J E R A W A T  ?
Remaja sekarang sangat dirisaukan oleh yang namanya JERAWAT. Mengapa sering muncul jerawat dan mengganggu dalam penampilan ? Sebagian orang mengabaikan jerawat yang muncul dan menganggapnya kejadian normal serta dengan didiamkan saja jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Setiap orang berpeluang muncul jerawat bila tidak tahu apa sebenarnya jerawat itu dan dari mana asalnya ? Keturunan kah ? menular kah ? dapat disembuhkan segera kah ? dapat pulih kembali kah bila setelah jerawatan ? Mengapa paling sering muncul di muka atau di wajah ? Begitu banyak pertanyaan tentang jerawat yang sungguh sangat mengganggu penampilan anak remaja maupun orang dewasa. Meski sakit tidak seberapa, namun jerawat sebagai sesuatu yang mengurangi rasa percaya diri, dan mengurangi kecantikan ataupun ketampanan seseorang yang jerawatan.

Jerawat itu merupakan sisa-sisa metabolisme sel yang dibuang melalui kulit dalam bentuk keringat, namun karena sesuatu hal, keringat tertahan tidak dapat keluar dan menggumpal beku menjadi jerawat. Kulit sebagai salah satu alat ekskresi dapat membuang sisa-sisa vitamin B dab vitamin C serta garam-garam mineral yang berlebihan, karena memang Vitamin B dan C serta garam mineral mudah larut di air dan tidak dapat melebur bersama lemak. sehingga pasti dibuang melalui kulit, dan umumnya keringat kita berbau asam atau terasa asin. Terkadang lemak jenuh yang sulit dicerna juga akan dibuang melalui kulit, sehingga keringat seperti berminyak dan kulit terasa berkilau basah yang tahan lama. Untuk kondisi orang yang ensim percerna lemak ( Steapsin / Lipase ) cukup optimal lemak tidak akan dibuang dan akan dicerna untuk kebutuhan pertumbuhan atau kecerdasan bagi diri kita masing-masing. Namun tiap orang tidak selalu memiliki ensim secara baik, sehingga banyak lemah dibuang melalui kulit. Bahayanya, bila lemak yang akan dibuang dalam bentuk uap air dan bercampur dengan sisa vitamin B dan C serta garam mineral yang berlebihan ternyata diperjalanan didinginkan tiba-tiba, akibatkan uap air beku dan akibatkan muncul jerawat.

Jerawat tidak akan pernah muncul bila saat tubuh terasa panas dan keringat keluar dengan deras, tidak menurunkan suhu tubuh atau mendinginkan tubuh dengan tiba-tiba dengan cuci muka misalnya, maka pori-pori akan menutup tiba-tiba dan akibatkan banyak jerawat yang muncul. Pori-pori yang menutup akan diikuti bekunya keringat yang mengandung lemak, akibatkan jerawat batu atau nampak seperti bisul. Dampak dari gerak, olah tubuh, olah raga, kerja keras dan lain-lain, adalah badan terasa panas dan keringat keluar sangat banyak. Hal yang harus dilakukan adalah membiarkan keringat tetap keluar dan tidak perlu mendinginkan secara paksa atau dengan tiba-tiba, yang hanya akan munculkan jerawat atau bahkan menimbulkan kematian bila seluruh tubuh terjadi penutupan pori-pori, sementara banyak sisa-sisa yang harus dibuang melalui kulit.

Hindari minim tiba-tiba, mandi, cuci muka, kipas-kipas atau nyalakan AC saat badan panas dan berkeringat. Panas adalah suatu proses tubuh yang pasti terjadi pada siapapun juga. Bila seluruh kegiatan metabolisme usai, maka badan akan terasa sejuk kembali meski keringat masih membasahi badan. Selama proses penguraian atau reaksi metabolisme di dalam sel belum selesai, badan akan terasa panas, gerah dan berkeringat. Nikmati dan syukuri dapat merasakan panas dan berkeringat. Bila banyak bergerak, namun badan tidak terasa panas dan berkeringat, maka yang muncul adalah rasa sakit atau meriang yang akhirnya badan tidak nyaman dan pasti menjadi sakit.

Jerawat tidak muncul bila kita tidak hentikan keringat saat akan keluar melalui pori-pori kita. Jangan dinginkan badan tiba-tiba saat berkeringat. Usap keringat dengan lmbut, gunakan kipas atau AC secara tidak langsung atau jangan terlalu kencang agar pori-pori tidak tertutup. Jaga kesehatan dengan pahami metabolisme tubuh secara benar. Bebas jerawat, wajah bersih ceria dan menarik. Nyaman dan percaya diri tidak pesimis dan menatap masa depan dengan pasti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar