Kamis, 03 Januari 2013

DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Segala niatan dan harapan baik, sebaiknya dari diri sendiri untuk jalankan atau lakukan terlebih dahulu sebelum berharap orang lain melakukannya. Aku sudah lakukan dan contohkan kah ?  Apapun penilaian orang akan diri kita, sejauh niatan baik yang kita rencanakan dan dengan sungguh kita akan lakukan, masalah berhasil atau belum niatan baik itu kita tidak terlalu berpikir macam-macam. Karena rencana baik kita tidak selalu kita lebih dahulu menjalankan, atau bahkan niatan baik kita tidak disetujui oleh orang banyak namun secara tiba-tiba dan mengejutkan akhirnya dilaksanakan juga oleh orang lain dan kita sebagai perencana atau yang memiliki niatan baik itu ikut di dalam pelaksanaan itu., luar biasa bila kita dengan arif dan tetap dengan senyum jalankan rencana kita yang tertunda yang nota bene pernah ditolak rame-rame. Tidak usah dipermasalahkan, karena Tuhan sendiri ajarkan pada kita untuk tetap hadapi segalanya dengan senyum dan penuh suka cita. Terkadang ada juga rencana kita baru kita ungkapkan, orang lain memiliki kesempatan luas untuk jalankan lebih dahulu, dan wajar bila orang lain lebih dahulu berhasil dari pada kita yang merencanakannya. Patunt bersyukur bila rencana baik yang ada dalam hati, pikiran kita ternyata seirama dengan niatan baik banyak orang.

Hal baik yang kita harapkan bersama atau perubahan dari baik dan berharap ada peningkatan untuk lebih baik, sebaiknya dari diri kita yang memulai untuk berubah. Dengan contoh dan teladan serta sikap nyata akan menjadi metode pembelajaran yang paling jitu dan diharapkan oleh banyak kalangan. Sesungguhnya tak seorangpun ingin hal yang kurang menguntungkan apa lagi hal tidak baik. Namun demikian sulitnya mewujudkan perubahan menuju yang terbaik itu karena banyak faktor yang masing-masing tidak ada yang salah untuk diungkapkannya. Orang bilang hal berdalih atau banyak alasan, namun realita menunjukkan banyak kendala diantara satu orang dengan yang lainnya. Bisa karena waktu, sarana, atau kesibukan serta permasalahan pribadi yang tidak dapat dipungkiri selalu ada dalam setiap kehidupan kita sehari-hari.

Pendek kata, sejauh kita bisa atur waktu dan siasati keadaan serta atasi aneka hambatan, dengan diawali dan dimulai dari diri kita masing-masing untuk lakukan rencana dan niatan baik itu, pasti secara perlahan akan terwujud hal baik itu secara maksimal yang menguntungkan banyak pihak bahkan untuk kesejahteraan masyarakat umum. HAL BAIK APAKAH YANG KITA PRIORITASKAN SAAT INI ? Mari segera kita tuangkan rencana, niatan baik dan laksanakan. Tuhan memberkati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar