Kamis, 03 Januari 2013


SUASANA DAMAI DAN TENANG MENDUKUNG KREATIVITAS DAN PRESTASI

Pada umumnya orang suka dengan suasana tenang yang membuat daya pikir menjadi encer dan inovatif. Padahal yang mendukung semangat kerja dan berkreasi itu suasana tenang dan damai dalam arti bukan sunyi senyap. Terkadang menjadi salah kaprah sampai saat ujianpun dibuat kondisi sunyi senyap yang menciptakan suasana tegang. Ujian dan ulangan itu hal biasa yang dilakukan setiap siswa atau peserta ujian dari sekolah formal maupun non formal

Perubahan paradigma bagi pengelola pendidikan untuk ciptakan suasana damai dan tenang pada proses pembelajaran sampai evaluasi peserta didik dan bukan hanya sekedar sunyi senyap. Banyak siswa menjadi mengantuk dan pudar semua yang telah dipelajarinya hanya karena terlalu sunyi suasananya. Bukankah saat tidur anak tidak ingin suasana bising ?  karena suasana sunyi akan membantu memperlambat kerja saraf pusat dan berakhir dengan tidur.

Tenang dan damai dapat diciptakan dengan berbagai cara misalnya ruangan lebih indah, lega, ada teman yang cukup dekat dan lain-lain. Anak merasakan nyaman tanpa beban dan mudah menuangan apa yang ada dalam pikirannya dan menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya dan mencoba mengekspresikan potensi diri untuk mendapat penegasan kebenaran dari pemndidik dalam hal ini guru.

Relasi antara anak dengan teman dan juga antara murid dengan guru sangat penting juga untuk ciptakan damai dalam kelas. Bila ada hal yang melukai hati salah satu peserta didik, suasana pasti akan berubah drastis. Proses pembelajaran akan menjadi kacau dan sulit untuk menuangkan pendapat apala gi menerima konsep-konsep penting. Semua hanya sekedar didengar tanpa ada yang meresap dalam ingatan peserta didik. Sungguh penting suasana tenang dan damai pada pencapaian prestasi dan tingkatkan kreativitas siswa. 
MARI CIPTAKAN SUASANA DAMAI DAN TENANG DIMANAPUN BERADA KHUSUSNYA DALAM PROSES BEMBELAJARAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar