Kamis, 10 Januari 2013


S A N T A     A N N A

       Siapa sesungguhnya Santa Anna ?
Tidak banyak yang mengenalnya, berasal dari mana, bagaimana kehidupan keluarganya dan apa istimewanya  sosok Santa Anna? Bila ingin menyamakan dengan pejuang wanita seperti para pahlawan wanita, pasti jauh dari itu semua, dan bila ingin menyamakan dengan artis atau selebritis saat ini, Santa Anna juga bukan dari kalangan demikian. Bila istimewa dan terkenal dari sudut lahiriah dan duniawi, setiap orang bisa berusaha dan dapat memperolehnya dalam waktu yang singkat. Kita bisa lihat bahwa  ketenaran lahiriah dan duniawi, sifatnya sementara dan akan segera pudar atau  hilang dengan sendirinya, bila muncul hal baru yang diinginkan sesuai perkembangan dunia pula. Santa Anna sungguh beda dan luar biasa, kerendahan  hati dan kebersahajaannya  Allah memilihnya, dan  Anna turut  berperan penting dalam rencana Allah yang sangat misteri ini. Inerbeauty yang dimiliki Anna tetap akan memancar hingga kini
            Bagaimana kehidupan keluarga Santa Anna?
 Anna demikian nama yang sederhana yang berarti rahmat atau karunia,  menikah dengan Yoakim yang berarti persiapan bagi Tuhan. Kita percaya bahwa nama yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya memiliki makna harapan yang tulus untuk kehidupan kelak bagi anaknya. Demikian halnya untuk nama Anna dan Yoakim, secara iman kita percaya bahwa Tuhan mengabulkannya, mengapa? Anna dan Yoakim suaminya, hidup  sangat sederhana meski masih keturunan raja Daud.  Sabar dalam  pengharapan  pada Tuhan, meski pada usia yang sangat tua, Tuhan belum memberi anugerah keturunan, padahal masa itu masyarakat  menilai kurang baik bagi yang tidak memiliki keturunan dalam kehidupan keluarganya, dianggapnya mendapat kutukan dari Allah. Anna yang lembut tetap hidup dengan tenang  dan pasrah, serta menjalaninya dengan penuh syukur. Tanpa beban dan sakit hati walau apa yang dilontarkan orang saat itu, Anna tetap percaya bahwa Tuhan punya rencana terindah dalam keluarganya. Dalam doanya, Anna tak henti-hentinya berseru, bila Tuhan beri anugerah keturunan, akan dipersembahkan kembali untuk kemuliaan dan keluhuran nama Tuhan. Dan kehendak Tuhan yang terbaik biarlah terjadi untuk keluarga Anna.
            Mengapa Allah memilihny ?
Tuhan maha melihat dan maha mendengar, dan Tuhan akan datang pada setiap yang memanggil dan  memberi pada setiap orang yang minta. Tuhan memberi kabar gembira pada Anna yang tekun memohon dan  selalu berserah pada kehendak-Nya.  Melalui malaikatnya,   meski usia tua Anna akan mengandung seorang anak perempuan, dan dari padanya Tuhan akan memberikan  suka cita untuk seluruh umat manusia. Yoakim sangat senang Anna mengandung, dan mengucap syukur atas anugerah  yang  luar biasa untuk keluarganya. Anna dan Yoakim  akan  menjaganya dan mempersembahkan hanya untuk kehendak Allah. Rendah hati, sabar, dan selalu mengharap segala sesuatunya hanya pada Allah, maka Allah berkenan  memilih dan mempercayai Anna sebagai awal keselamatan umat manusia untuk menghadirkan Maria melalui rahimnya.
            Bagaimana Santa Anna memahami kehendak Allah ?
Anna memiliki satu anak perempuan yang diberi nama Maria,   Anna mengajarkan hal baik untuk masa depan  Maria. Tekun dalam doa dan kesederhanaan pun nampak pada Maria anaknya. Keluarga Anna sangat mudah memahami kehendak Allah karena ketekunan dalam doa dan menyerahkan apapun yang terjadi dalam keluarganya hanya pada kehendak Allah semata yang terjadi.. Saat Maria baru bertunangan dengan Yoseph, dan maria telah mengandung dari Roh Kudus, Anna tetap tenang dan tidak panik, meski  apa kata masyarakat saat itu  bisa kita bayangkan. . Membaca sikap Yoseph yang seperti kurang yakin terhadap  kesetiaan dan kesucian  Maria yang  telah mengandung,   dan saat  itu  Yoseph akan  menghindar darii Maria, Anna tetap tenang dan berdoa pada Allah. Ternyata Allah yang menyelesaikan segala perkara yang terjadi dalam keluarga Anna. Anna yang lembut, dan manis dalam setiap tindakan   maupun tutur kata, muncul pula pada sosok Maria yang setia pada  pasangan hidupnya terlebih setia pada Allah.  Hal ini membuktikan keberhasilan Anna sebagai seorang ibu mendidik dan menjaga serta mengarahkan anaknya untuk hidup di jalan Tuhan.
            Bagaimana harapan kita?
Tuhan telah hadirkan Anna dan memberikan sosok Anna sebagai contoh bagi keluarga. Anna tidak pernah mengejar ketenaran, dan tidak mudah sakit hati oleh hujatan, mencerminkan sikap mulianya seorang wanita, seorang ibu dalam  keluarga. Hidup damai , tenang dan penuh rahmat adalah  idaman setiap keluarga. Gereja menggalakkan untuk menghormati Anna dan menjadikan pelindung  Wanita Katolik RI, sangatlah  tepat. Besar harapan keluarga kita dapat  meneladan  sosok Anna atau Santa Anna sebagai iman  yang  hidup dalam keluarga kita. Santa Anna doakan kami agar mampu mencontoh sikap rendah hati dan ketaatan Santa Anna pada Allah. Agar setiap keluarga dapat menerima rahmat dari Allah, seperti Allah melimpahkan rahmat kepada Santa Anna.
Santa Anna doakanlah kami.
Dalam setiap doa untuk organisasi Wanita Katolik RI, selalu menyertakan dan melibatkan Santa Anna untuk turut memohonkan pada Allah Bapa disurga, karena sebagai pelindung sekaligus mempercayai dan mengimani, semua permintaan Santa Anna selalu didengar dan dikabulkan  oleh Allah yang maha kasih dan maha pemberi. Berdasar  iman yang kuat bahwa orang kudus dapat dimintai bantuannya  untuk memohon  pada Allah, maka Wanita Katolik yang memiliki Santa pelindung Santa Anna,   selalu terucap dalam akhir doa, dengan kalimat “ Santa Anna doakanlah kami “ dan serentak semua menjawab Amin.

                                                                        Ditulis oleh : DAMIANA DWI TANTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar